Sabtu, 22 Agustus 2009

Membersihkan Ruang Pembakaran


Combustion Process

Ruang pembakaran adalah bagian terpenting dalam sebuah mesin berbahan bakar minyak. Bagaimana tidak, ruang pembakaran ini adalah sebagai proses utama yang mengakibatkan adanya tenaga mekanis yang menggerakan motor kita.

Ruang pembakaran (Combustion chamber) akan sangat kotor sekali bila perawatan kurang telaten. Kotoran dan kerak di ruang pembakaran ini bisa dihasilkan dari Oli, Bahan Bakar, atau kotoran yang masuk melalui knalpot (karat, kerikil, dll). “Tidak ada pembakaran yang sempurna, ia pasti menghasilkan deposit kotoran di ruang bakar” Kata Andre dari Dutamatic Bandung. Pada motor matic yang rata-rata menggunakan RPM dan kompresi yang lebih tinggi dari motor bebek, hal ini perlu untuk lebih diperhatikan, selain selalu merawat motor ke bengkel resmi tentunya.



Akibatnya deposit atau kotoran di ruang bakar yaitu bisa mengurangi efisiensi dari pembakaran, atau yang lebih parah bisa membuat mesin “loss kompresi” karena kotoran menempel di bagian klep dan membuat kompresi hilang, gejalanya bila kick starter kita bejek sama sekali tidak ada beban. Yup, kotoran sekecil apapun yang menempel di klep membuat kompresi yang dibutuhkan untuk pembakaran menjadi hilang. Nah kalau sudah begini, tentu motor sulit atau bahkan tidak dapat dihidupkan. Kalau sudah parah, tentu mesin harus dibersihkan secara manual (turun mesin / overhoule) tentu biaya yang akan dikeluarkan tidak sedikit bukan?

Nah saya ada sedikit tips untuk membersihkan ruang pembakaran ini. Sebaiknya Membersihkan ruang pembakaran ini dilakukan secara rutin, misalnya setiap 10.000 kilometer. Apa yang kita butuhkan adalah sebuah “Combustion Chamber Cleaner”.

Combustion Chamber Cleaner

Bentuknya dalam botol kaleng, mirip dengan Carburator Cleaner, hanya saja ia memiliki formula yang dikhususkan (jauh lebih keras dari Carburator Cleaner) untuk meng-oksidasi kotoran dan membuangnya melalui knalpot.

Penggunaannya kurang lebih sama dengan Carburator Cleaner;
Pertama, buka dahulu selang dari filter udara ke karburator, pada intake/sambungan karburator selang filter udara ini lah kita akan menyemprotkan Combustion Chamber Cleaner.

Kedua, nyalakan motor, kemudian tarik gas sampai RPM/Putaran tinggi Semprotkan Combustion Chamber Cleaner kepada mulut karburator, usahakan motor jangan sampai mati. Ulangi sekali lagi, kali ini sampai motor mati. Kemudian biarkan selama 15 menit supaya Combustion Chamber Cleaner bekerja.

Ketiga, setelah 15 Menit, nyalakan mesin, dan tahan pada rpm sedang. Pada fase ini, knalpot akan mengeluarkan asap berwarna putih dan bau yang sangat menyengat. hati-hati jangan dihirup. Biarkan putaran mesin pada rpm sedang ini selama beberapa menit sampai bau dan asap putih yang keluar dari knalpot menghilang dengan sendirinya.

Langkah seperti ini dapat di ulang selama seminggu sekali, sampai botol “Combustion Chamber Cleaner” habis (3-4 kali pemakaian). Nah, dengan langkah ini deposit kotoran akan dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan. Saran saya, gunakan Bahan bakar yang sesuai dengan motor anda, usahakan menggunakan bahan bakan non-timbal, Ganti oli dan bersihkan filter udara secara rutin.(sumber: maticholic.com)

Efek Telat Ganti Kampas Rem


cakramTelat ganti kampas rem cakram bisa berakibat fatal. Kampas rem yang sudah habis lapisan asbesnya bisa mengakibatkan sepatu kampas rem yang terbuat dari besi bergesekan langsung dengan piringan cakram (disk brake). Alhasil saat direm besi ketemu besi jadinya piringan cakram baret.

Baret tentunya membuat piringan cakram jadi rusak dan tampangnya jadi jelek, selain itu piringan cakram baret juga mengakibatkan kampas rem baru yang dipasang akan cepat habis. “Karena permukaannya tidak sama licinnya, permukaan piringan cakram yang baret lebih kasar sehingga akan menggerus asbes kampas rem lebih keras,” jelas Handy Hariko, Technical Manager Astra Honda Motor.



“Permukaan piringan cakram yang baret atau bergelombang juga bisa membuat pengereman jadi kurang pakem,” lanjut Handy sambil menjelaskan kalau jepitan kampas rem ke piringan cakram jadi tidak sempurna. Lalu kalau sudah terlanjur telat ganti kampas rem giman dong?

“Lebih baik piringan cakramnya terlebih dahulu agar baret atau gelombangnya hilang, baru setelah itu pasang kampas yang baru,” jawab pria yang rajin mondar-mandir di One Make Race Honda ini. Tapi jangan hepi dulu, main slep piringan cakram juga bisa membuat piringan cakram jadi lebih tipis. Nah lo, tetap aja rugi kan? Makanya jangan telat ganti kampas rem.

Lakukan Pengecekan Rutin


Pantau lewat kaliper


Untuk antisipasi ada baiknya dilakukan pengecekan berkala. Caranya mudah, yang pertama bisa dengan mengintip dari bagian belakang kaliper. Dari situ akan terlihat ketebalan kampas rem, kalau kira-kira sudah tipis bisa langsung diganti.

“Atau rasakan dengan menarik tuas remnya, kalau sudah tuas rem sudah mulai dalam saat ditekan itu tandanya kampas rem sudah tipis,” terang Hendy. Gampang kan?(sumber: maticholic.com)

Bikin Irit Lewat Tune Up Karburator


main jetHarga BBM naik, harga sembako ikut naik, semua serba naik. Terus apa yang musti kita lakukan? Apa enggak mau pakai motor lagi? Jelas tidak toh, mau enggak mau kita tetap pakai motor. Maka dari itu biar enggak terlalu berat diongkos, motor mania musti cek up besutan, siapa tahu masih bisa dibikin irit.
Salah satu caranya dengan mengupgrade atau tune-up karburator. Maksudnya karburator diservis ulang dan dicek keausannya. Karena salah satu penyebab besutan boros adalah setingan karburator yang sudah berubah dan banyak peranti – peranti yang sudah aus dan musti diganti.



Pilot Jet


Jarum Skep



“Peranti karburator yang musti diperhatikan biar enggak boros adalah jarum skep, main jet dan pilot jet,” ulas Syafrudin, kepala bengkel Clara Motor II di Jl. Arteri Kelapa Dua No 5, Kebon Jeruk, Jakbar.

Loh kenapa musti ada perhatian khusus? Jarum sekep dan rumahnya (needle jet), berfungsi mengatur berapa banyak bensin yang disemprotkan ke ruang bakar sesuai pelintiran gas. Kalau jarum ini sudah aus, tirus atau baret menyebabkan mesin ndut-ndutan karena jumalh bensin yang terhisap dengan udara masuk tidak lagi seimbang. Sudah motor enggak ada larinya, pemakaian bensin pun ikutan tambah.

Komponen lainnya yang mesti dicek yaitu pilot jet. Siapa tahu pernah diganti ukuran lebih gede atau lubangnya aus. Peranti ini berfungsi untuk menjaga kelangsaman/setasioner saat besutan berhenti. Bila lubangnya tidak standar lagi, motor susah langsam dan setelan gaspun minta digedein biar enggak mati–mati. Tapi akibatnya konsumsi BBM lebih boros.

Kemudian peranti lain yang harus diganti, main jet. Berfungsi sebagai pengatur jumlah BBM yang disemprotkan ke ruang bakar saat putaran menengah atas. Bila peranti ini lubangnya tampak terlalu longgar/aus, akan mempengaruhi debit BBM. Semakin longgar lubangny, BBM yang dikonsumsi semakin banyak, sebaliknya jika lubangnya lebih kecil konsumsi BBM lebih irit. Ukuran balikin saja sesuai bawaan motor.

Terus biayanya berapa? Sebagai contoh pada besutan Honda Supra. Bila beli satu set repair kit karburator asli sekitar Rp 200.000 lengkap dengan sil-silnya. Tapi jika eceran, main jet (Rp 35.000), pilot jet Rp 59.000 dan Rp 81.000 (jarum skep).

Tapi kalau yang agak murah ada produk imitasi, cukup ditebus sekitar Rp 15.000 sampai Rp 20.000 untuk satu set repair kit karburator Honda Supra. "Produk imitasi kualitasnya belum tentu terjamin. Salah pilih malah bikin tambah boros bensin. Di bengkel resmi tidak jual selain yang orisinal,” tambah Syafrudin. Hayo, silahkan pilih sendiri deh!(sumber: maticholic.com)

Deteksi Kondisi CVT Lewat Kaki Kiri

OTOMOTIFNET-Mengetahui kondisi roller dan belt pada CVT (Continuously Variable Transmission) skutik bisa dilakukan sendiri tanpa perlu bongkar cover CVT. Wah gimana tuh caranya? Ternyata mudah hanya dengan menggunakan kaki kiri kita saat berkendara. Makin bingung kan?

Begini ceritanya. Saat kita berkendara naik skutik, posisi kaki kiri letaknya sangat bedekatan dengan posisi CVT yang berada di sebelah kiri bawah. Karena posisi nya sangat dekan maka kaki kiri kita sebenarnya bisa merasakan getaran sebagai indikator keadaan roller dan belt CVT.


“Bila kondisi roller ataupun belt sudah rusak akan timbul gejala bergetar saat akselerasi. Karena getaran itu akselerasi menjadi terasa tersendat-sendat,” buka Hasan Basri dari Hasan Motor. Dalam kinerja CVT, fungsi roller dan belt layaknya rantai pada sepeda motor manual.


Permukaan belt biasanya sudah pecah-pecah

Roller peyang bikin getar

“Jika kondisinya sudah aus atau sudah rusak maka efek yang dirasakan mirip-mirip rantai dan gear yang sudah aus. Ndut ndutan gitu,” tambah pria kurus ini. Biasanya gajala ini disebabkan kondisi roller yang sudah peyang atau belt yang sudah aus.

Roller yang peyang bisa dilihat dari bentuknya yang tidak bulat lagi. Sedang belt yang sudah harus diganti biasanya bagian permukaanya sudah pecah-pecah. Kalau kaki kiri sudah merasakan getaran tak lazim, tidak ada salahnya memeriksakaanya ke bengkel terdekat.(sumber: maticholic.com)

Yuk Ganti Roller CVT Sendiri


rollerOTOMOTIFNET- Terkadang ada satu hal yang tak perlu dilakukan sama yang ahli. Misalnya, ganti roller di skubek kesayangan. Tentu kudu tahu cara bongkar dan pasang yang baik dan betul! Maksudnya biar hasil yang didapat sempurna dan sesuai sama apa yang diinginkan.

“Caranya simpel. Setelah buka rumah CVT dengan kunci T 10 mm dan T 8 mm, untuk buka puli penggerak cukup modal baut dan kunci 17 mm. Lalu pergi ke toko untuk beli roller pengganti,” kata Adriyanto mekanik dari JP Racing Bintaro di Jl. Cendrawasih, No. 6E, Kp. Sawah, Ciputat, Tangerang.



Biar nggak kagok waktu ngerjain, langsung pandu sama gambar atawa foto seperti di bawah. Diperagakan langsung di Yamaha Mio. Tentu biar lebih paham dan paham lebih, juga tahu mana bagian yang harus dilepas atau dipasang kembali. Termasuk, ketika meletakan baut pengganjal rumah roller. Yuk!


1. Buka baut pengunci rumah puli pakai kunci 17 mm. Jangan lupa untuk mengganjal rumah puli agar tidak ikut berputar pakai baut 12 mm panjang 6,5 cm yang diletakan menghadap crank-case bagian atas.



2. Lalu tarik keluar ring penganjal bushing rumah roller. Jangan lupa pasang lagi ketika proses ganti roller sudah selesai. Ingat, posisi pasangnya sesudah kipas puli bagian luar.





3. Setelah puli terbuka semua, cek kondisi roller. Jika aus atau lebih dikenal dengan istilah peyang, baiknya diganti baru.


4. Ketika meletakan roller pengganti, perhatikan juga posisinya. Buat roller rata (pakai satu ukuran berat), silakan taruh di got roller mana saja. Tetapi, kalau kombinasi, baiknya letakan roller yang lebih ringan di bagian depan sebelum roller berat. Oh ya, posisi roller yang ringan ada di sebelah kiri dan roller berat di sebelah kanan.





5. Pasang lagi rumah roller ke posisi semula. Hanya, proses pengerjaan kebalikan dari proses membuka.




6. Jangan lupa perhatikan kondisi ring pengganjal kipas puli bagian luar. Pastikan setiap gigi ring mengunci rapat gigi as rumah roller. Kalau enggak pas, takutnya bisa menyebabkan kedua gigi termakan atau slek.




7. Kencangkan baut pengunci rumah roller. Jangan lupa! Untuk menghentikan putaran, gunakan lagi baut pengganjal rumah roller. Kali ini, baut diposisikan menghadap crank-case bagian bawah.

(sumber: maticholic.com)




Bikin Kinclong Mika Speedometer

OTOMOTIFNET - Walau bukan komponen fast moving, mika spidometer juga perlu diperhatikan kelayakannya. Hal ini penting mengingat permukaan mika spidometer dapat buram maupun tergores. Jika sudah begitu, tentu pembacaan angka jadi terganggu dan enggak maksimal.

Lantas apa yang menyebabkan jadi buram? “Di antaranya bisa disebabkan oleh embun, senyawa kimia yang tekandung di pengharum kabin yang nempel di mika atau keseringan kontak dengan asap rokok. Sedangkan goresan disebabkan oleh benturan atau kejatuhan benda keras, macam koin (uang logam),” sebut Wira Sentosa pebengkel Sacs di Jl. Pondok Gede Raya, No. 24, Bekasi, Jabar.



Tenang jangan langsung ganti mika spidometer dengan yang baru. Atasi dulu dengan teknik usap dan semprot sebagai permulaan. Maksudnya, bersihkan dengan mengusap mika pakai lap microfiber dari sisi luar dan dalam. Tentu mesti bongkar panel spidometer terlebih dahulu. “Ongkos pengerjaannya Rp 125 ribu, sudah satu paket berikut membersihkan casing, odo meter, plat indikator dan dan semua jeroan speedometer,” lanjut Wira.

Begitu pula dengan goresan, semprotkan cairan wax khusus buat mika atau akrilik (di sisi luar dan dalam), yang bisa dibeli di toko Ace Hardware. Dari sekian banyak kasus yang ditangani Sacs, cukup diusap dan disemprot umumnya sudah dapat mengembalikan kondisi mika speedo seperti sedia kala.

Namun jika goresan masih melekat, mika perlu diganti dengan yang baru. “Misalnya untuk Toyota Kijang Innova, mika speedometernya dihargai Rp 100 ribu (baru). Sedangkan Mitsubishi Lancer Evo IV berkisar Rp 150 – 200 ribu (baru),” imbuhnya lagi.

Semua ‘barang’ tersebut merupakan produk asli bawaan pabrik alias OEM. Di pasaran mudah dicari berbagai mika spidometer. Misalnya untuk Toyota Avanza yang dibanderol Rp 125 ribu. “Mika speedometer baru kerap dicari untuk menggantikan mika yang lama,” timpal Asiu dari toko Sumber Jaya di ITC Duta Mas Fatmawati , lantai II. No. 41, Jaksel.

Deteksi Honda Vario Kurang Responsif

Pengguna Honda Vario standar banyak yang nggak sabaran. Gas dibuka setengah, tapi putaran mesin seperti telat mengail tenaga. Dicurigai ada problem di karburator. Naik-turun skep bermasalah. Kemungkinan besar dari membran karbu.

“Padahal, saat diservis membran nggak perlu dibuka,” timpal Boy Budi, Kepala Bengkel AHASS Wahana Makmur Sejati, Jakarta. Faktanya, saat servis di bengkel umum membran kerap dilepas dari komponen pengabut bahan bakar. Ini jadi persoalan mengingat bahan dasar membran rentan cairan dan panas tinggi. “Bisa melar. “Ini bikin mekanisme kerja skep terganggu,” bilang Boy.

Bikin fatal lagi, saat pemasangan posisi membran nggak semestinya. Dipasang tidak sesuai patokan. Jadi, ada bagian terjepit. Padahal, patokan pemasangan cukup lihat jendolan keluar dari bentuk membran yang melingkar (gbr. 1). Itu tahap deteksi langsung ke karbu.

Ada pengecekan sederhana lagi. Silakan lihat setelan free play alias main bebas throtle. Tengok di kabel gas (gbr. 2). Mungkin setelan tidak sesuai. Tinggal diubah. Kalau drat diputar ke kanan searah jarum jam berarti jarak bebas putaran gas tinggi. Responnya ada jeda panjang. Mungkin lebih dari 10 mm dari jarak gas ditutup. Berbeda kalau drat penyetel digeser ke kiri, berlawanan dari jarum. Semakin pendek jeda respon gas.

Sesuaikan juga setelan di karbu. Ada mur pengunci atas-bawah di kabel gas karbu (gbr. 3). Putar ke atas semakin tinggi jarak bebas throtle. Begitu sebaliknya, diputar ke bawah akan semakin pendek free play gas.(sumber: maticholic.com)

Cara Kerja Torque Cam


torquePernah dengan torque cam CVT? Part ini ada di semua jenis transmisi skutik yang menggunakan transmisi CVT (Continuously Varible Transmission). Mau tahu lebih jauh? Mari kita kupas bersama.

Sesuai namanya, Torque cam berfungsi me-management torsi dari mesin pada transmisi CVT. “Torque cam sangat berguna bagi mesin CVT ketika tiba-tiba mesin membutuhkan torsi besar,” buka Pak Cik, instruktur Yamaha Enginering School (YES) yang kini bekerja di bagian Service Network Support, PT Yamaha Kencana Motor Indonesia (YMKI).

Dari sananya CVT tidak dilengkapi gear box layaknya motor manual. Pada motor bertransmisi manual, saat membutuhkan torsi besar karena tambahan beban masih bisa pindah gigi ke reduksi yang lebih ringan. Sehingga kerja mesin tidak terlalu berat.


Pada skutik bertransmisi CVT tidak bisa begitu. Saat mesin sudah berputar pada putaran tinggi, Drive Pully (puli depan) akan menutup sehingga dudukan belt (bagian dalam drive pully) membesar dan Driven pully (puli belakang) akan membuka sehingga dudukan belt (bagian dalam driven pully) mengecil. Sehingga kecepatan akan bertambah.

Kinerja puli CVT ini mirip gir sepeda balap yang bertingkat. Ketika kecepatan rendah, perbandingan rasio gir depan dan belakang dibuat ringan dan ketika kecepatan tinggi dibutuhkan perbandingan rasio lebih berat. Bedanya, perubahan rasio tadi pada CVT berlangsung otomatis. Sedangkan sepeda balap secara manual dengan menarik tuas.

Nah, Bila mendadak butuh torsi lebih atau bertemu dengan jalan menanjak maka beban di roda belakang meningkat jadi kecepatan menurun. Sudah pasti dalam kondisi seperti ini posisi belt akan kembali seperti semula, seperti pada keadaan diam.

Bagian-bagian Torque Cam
Drive Pully (puli depan) akan membuka sehingga dudukan belt mengecil dan Driven pully (puli belakang) akan menutup sehingga dudukan belt membesar. Sehingga kecepatan akan turun. Ketika kejadian ini terjadi, torque cam bekerja.

“Torque cam yang bentuknya seperti pelor dalam lubang memanjang ini akan menahan pergerakan driven pulley (puli belakang) agar tidak langsung menutup. Jadi kecepatan tidak langsung drop,” terang Pak Cik

Sehingga saat kita menambah putaran gas untuk mendapatkan torsi mesin lebih besar. Mesin pun tidak terlalu berat mengembalikan CVT pada kecepatan yang lebih tinggi. Torque cam juga bekerja saat mesin berakselerasi dari kondisi diam ke kondisi berjalan.(sumber: maticholic.com)

Deteksi Kerusakan Torque Cam

Umumnya coak di sekitar tanda merah

Setelah tahu fungsi torque cam sangat vital pada kinerja CVT maka kita juga harus bisa mendeteksi dan tahu kerusakan yang bisa terjadi pada part ini. “Paling banyak adalah keluhan lari skutik yang terasa tertahan pada putaran tengah,” buka Adi Sutisna dari X Speed Matic.

Mekanik sekaligus pemilik bengkel di kawasan Bintaro ini mengungkapkan banyaknya keluhan dari pemilik skutik tentang hal ini. Kerusakan ini bisa dirasakan saat skutik berakselerasi. Namun kecepatan tidak langsung tinggi, ada gejala tertahan sesaat meski selongsong gas tidak dikurangi putarannya dan mesin tetap bergangsing dalam putaran tinggi. Baru beberapa saat kemudian kembali berlari.

“Penyebabnya karena pada rumah torque cam yang coak karena gesekan dengan pelor cam di tempat sama dalam waktu cukup lama. Akselerasi tertahan ketika pelor torque tertahan di dalam coakan tadi. Ketika putaran cukup tinggi dan mampu mengeluarkan pelor dari coakan tadi maka skutik baru akan berlari kembali,” jelas Adi panjang lebar.

Part standar harus beli satu set
Kerusakan ini umumnya disebabkan kesalahan cara bawa skutik. Pengendara skutik banyak yang memaksakan menahan gas ketika membutuhkan torsi lebih seperti saat melewati tanjakan. Yang benar ketika kecepatan turun akibat adanya beban karena melewati tanjakan yang harus dilakukan adalah menutup gas lalu mengurutnya lagi dari putaran rendah ke putaran atas agar torque cam tidak tertahan di tengah.

Satu-satunya solusi adalah dengan mengganti rumah torque cam dengan yang baru. “Ini sangat sulit diperbaiki, selain karena materialnya yang harus sangat kuat karena menahan beban putaran mesin, lubang rumah torque cam ada tiga susah membuatnya presisi satu sama lain,” tambah mekanik yang juga modifikator khusus skutik ini.

“Apesnya lagi part ini tidak bisa dibeli eceran. Di dealer resmi harus ditebus satu set dalam rangkaian driven pully. Dan harganya cukup mahal,” ungkap Adi. Namun bila terpaksa mau menggunakan part non original, ada beberapa variasi after market yang menyediakan rumah torquenya saja.(sumber: maticholic.com)

Seputar Kopling Sentrifugal


2652kopling-skubek-dvd-1.jpgSkubek menganut pemindah daya CVT (Continously Variable Transmission). Mekanismenye memanfaatkan gaya sentrifugal dari putaran mesin. Sebagai contoh kopling sentrifugal yang letaknya bergandengan dengan puli belakang di rumah CVT. Cara kerjanya persis kopling sentrifugal di bebek. Namun permasalahan yang muncul berbeda dibanding skubek. Yuk, cari tahu!


Putaran dari puli depan terhubung langsung ke rumah sepatu sentrifugal di puli belakang. “Jika putaran mencapai 2.000 rpm, sepatu akan terlempar atau mengembang lantas akan menjepit rumah atau mangkuk sentrifugal,” ujar Slamet, 2653kopling-skubek-dvd-2.jpgInstruktur dari PT Yamaha Motor Kencana Indoensia (YMKI). Akibat sepatu kopling menjepit mangkuknya, putaran langsung terhubung ke roda belakang.

Nah, ada pengalaman menarik pada salah satu trouble shooting di bagian kopling ini. Kampas kopling yang menyatu dengan per kopling di secondary sliding sheave, dikunci satu mur pengikat. Kemudian, baru ditutup lagi dengan mangkuk kopling di bagian luar.

Begitunya, tetap bisa timbul masalah, jika mur pengunci kampas kopling menempel dengan mangkuk kopling. Ya! Roda belakang bisa berputar serat atau kurang responsif. Butuh usaha lebih buat gerakan roda. Tapi jika dipaksakan, malah bisa mengakibatkan kedua part itu jadi aus.

“Harusnya ada clearance antara mur dengan mangkuk kopling. Sehingga mangkuk bisa berputar bebas. Dan baru mengunci dengan berkembangnya kampas kopling. Bukan baut pengunci,” timpal Slamet.

2654kopling-skubek-dvd-3.jpgTuh! Nggak ada salahnya untuk memastikan kekencangan mur pengunci kampas di sliding sheave kan? Karena jika tidak kencang, bisa saja mur bergeser ke arah membuka. Di mana posisi ujung mur itu terdapat mangkuk kopling. Kalau menempel keras, dikhawatirkan malah bisa membuat roda jadi macet lho.

Trouble shooting lainnya, mengenai kondisi kampas kopling itu sendiri. Kampas kopling juga bisa cepat habis akibat besarnya tenaga yang lebih besar dari tenaga standar.

Misal di motor yang sudah kena sentuhan bore up ekstrem. Begitunya butuh kampas kopling yang ekstra kuat juga dong. Jadi, kampas bisa meladeni besarnya power yang dihasilkan atau keluar dari engine.2655kopling-skubek-dvd-4.jpg

Kondisi habisnya kampas kopling ini juga bisa beragam. Enggak hanya tebal saja yang bisa dijadikan patokan. Tapi mengenai panjangnya kampas dari ukuran yang seharusnya juga bisa membuat kinerja kopling malah jadi tidak sempurna.

Dengan ausnya kampas, beberapa gejala bisa dideteksi. Bicara selip, tentu saja dong! Kan kondisi kampas tidak lagi sempurna mengunci mangkuk kopling tuh. Artinya butuh putaran mesin yang lebih tinggi lagi untuk bisa untuk memutar roda alias membuat motor mau berjalan.

Lalu selain gajala selip, masalah ausnya kopling lainnya juga bisa dirasakan ketika motor berjalan. Ya, motor terasa tersendat-sendat layaknya letikan busi di dalam ruang bakar yang dalam konsisi mati-hidup. Apalagi jika kondisi mangkuk kopling sendiri juga sudah aus atau peyang. Dipastikan bakal bisa bikin tersenda deh jalannya skubek.

Cara memperbaikinya yang bikin sewot. Sepatu atau kampas kopling harus diganti satu set. Yaitu tiga buah. Biar murah bisa beli sepatunya saja. Harganya satu biji bisa di kisaran Rp 65 ribu. Silakan aja dikalikan tiga.

Awas! Dalam membeli kampas ini jangan sekaligus dengan rumahnya. Harga jualnya dipastikan mengagetkan. Namun jika beli ketengan atau kampasnya doang,, periksa juga kondisi per sepatunya. Jangan-jangan sudah lemah. Karena jika sudah loyo, putaran mesin mudah terhubung ke roda belakang.

Standarnya sepatu kopling baru terhubung ke roda belakang pada 2.000 rpm. Nah, bagaimana jika per sudah loyo? Dipastikan, belum mencapai putaran segitu roda belakang sudah berputar duluan. Repotnya lagi ketika mesin baru tahap langsam, roda belakang malah sudah ikutan berputar.

Makanya ada yang menjual per kopling skubek versi variasi. Misalnya jika sobat mengganti per kopling dengan tipe yang lebih keras dari standar. Dipastikan juga bakal bikin roda belakang lebih telat lagi berputar.

Jika harusnya di 2.000 rpm mangkuk kopling sudah mengunci kampas, dengan per yang lebih keras jadi di rpm 3.000 motor baru mau berjalan. Aplikasi ini biasanya diperlukan untuk motor yang sudah alami langkah bore up.

Sebaliknya jika kepingin lebih responsip. Misalnya roda belakang mau lebih cepat berputar pada 1.750 rpm, silakan ganti per kopling sama yang lebih lembut.

Tuh, jadi tahu lebih kan?(sumber: maticholic.com)

Oli Skuter Bukan Sekadar Beda


2522hal16_oliskubek_dok-m+.jpgPelumasan mesin skubek dan motor biasa beda. Sebab motor matik menggunakan sistem kopling kering, kerja oli hanya melakukan pelumasan pada kruk as, mekanisme klep dan silinder aja. Beda dengan motor kopling basah di motor biasa, kopling ikut juga kena oli.

Karena oli ikut melumasi kopling, maka oli pada sistem kerja kopling basah dibutuhkan high friction. "Sehingga, tidak membuat kampas kopling selip karena terlalu licin," terang Endro Sutarno, Divisi Technical Training, PT Astra Honda Motor (AHM).


Sementara, untuk skubek atau motor matik, bisa diterapkan oli low friction atau rendah gesekan. Karena tidak khawatir dengan selip kopling namun lebih licin. Sehingga rendah gesekan dan mampu menghemat bahan bakar.

Adaptasinya desain oli untuk matik terhadap spesifikasi low friction itulah yang jadi dasar munculnya oli khusus skubek. "Meskipun dengan oli biasa, skubek juga bisa saja. Sebaliknya, yang justru tidak bisa kan motor biasa pakai oli matik. Karena bakal selip kopling kan," tambah M. Abidin, GM Service PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).

2523hal16_oliskubek_dokm+.jpgSalah satu unsur yang membuat oli matik low friction berasal dari bahan tambahan pada bahan pencampuran produksi oli. Sejumlah klaim produksi oli matik, biasanya disebutkan materi tambahan yang membantu penyempurnaan tingkat gesekan. Misal, Enduro Matic produksi Pertamina, yang mengandalkan moly diklaim mampu merendahkan gesekan pada part engine.

"Produk terbaru ini dilengkapi kandungan moly yang menyempurnakan kualitas oli terhadap gesekan. Sehingga, makin licin sekaligus menyempurnakan kerja mesin matik," ungkap Hendrato Tri Y, Vice President of Lubricant Pertamina, di sela pengujian Enduro Matic 3.000 km, beberapa waktu lalu.

Nah, salah satu cara mudah untuk membedakan mana yang katagori low friction, bisa lihat standar yang sudah diuji lembaga riset oli. Salah satu patokan yang sudah diakui Japanese Automobile Standards Organization (JASO). Lembaga ini sudah memisahkan katagori non slipping oli (MA) dan slipping oli (MB). Jadi jelas kan, kalau untuk kebutuhan oli matik jelas lebih sesuai memilih MB.

Berkait dengan soal viskositas alias kadar kekentalan oli yang digunakan, rekomendasi spek standar pabrikan bervariasi. Misal Yamaha yang menggunakan Yamalube 20W40 atau Suzuki dengan SGO 20W50. Sedang standar skubek Honda 10W-30.

Dilihat dari perkembangan teknologi desain mesin, maka memungkinkan aplikasi oli lebih encer dari rekomendasi. "Tidak masalah. Tapi harus diingat, kualitas oli encer itu benar-benar bagus secara spek. Bukan sekadar encer, serta penggantian oli teratur tidak melebihi batas. Bisa saja, sih," terang Abidin, sambil jelasin Yamaha punya andalan oli matik Yamalube 20W40.

Apalagi, skubek termasuk motor baru. Clereance pada mesin masih presisi. Sehingga dengan oli lebih rendah viskositasnya, malah signifikan terhadap performa mesin. Lebih enteng dan efeknya malah bisa jadi lebih irit kan?

"Kecuali mesin yang sudah tua dengan clereance yang sudah lebih besar, tentu malah sebaliknya. Musti perlu yang lebih kental," jelas Sulistyo, Manager Technical Service, PT Suzuki Indomobil Sales.

Paling pas sih tentu mengikuti standar pabrik. Baik itu segi kekentalan dan standar API Service-nya.(sumber: maticholik.com)

Flash Disc Berkapasitas Hard Disc


Apa kabar disket jaman sekarang yah, dan masih banyak juga rupanya komputer yang masih nyolokin Floppy disc buat baca data dari disket, padahal secara fungsi udah ketinggalan banget tuh nyimpen data di disket yang cuma bisa nampung kurang lebih 3MB. Sekarang jamannya flashdisk, dan besarannya udah bergiga-giga. Yang paling fenomenal sekarang ini adalah Kingston Data Traveler DT300 yang bisa nampung data sebesar 256GB! Kapasitas ini udah ngelebihin standar dari harddisk yang ketanem di laptop ataupun PC standar, sekitar 160-250GB.

Sudah lebih dari cukup kalo kita bisa jinjing peranti mobile ini, semua data mulai dari format txt sampai avi (untuk video) kita bisa tenteng dengan mudah, bisa disakuin, dan yang terlebih adalah nggak perlu diribetin sama yang namanya kabel. Produk ini adalah pengembangan dari produk Data Traveler sebelumnya, DT200 128GB dan DT150 32GB dengan jauh lebih besar daya tampung datanya.

Flashdisk dalam kapasitas yang sangat besar tentu sedikit membuat kita khawatir soal kecepatan membaca dan menulisnya. Jangan takut, DT300 ini rencananya akan mengadaptasi teknologi SuperSpeed USB, yang mampu meningkatkan transfer rate hingga 200MB/S. Angka segitu menjadi yang terbesar untuk teknologi USB saat ini.

Harga yang dibanderol untuk produk ini memang sangat mahal, yaitu sekitar USD800, atau sekitar 8 juta rupiah. Tapi buat fungsi yang segitu gedenya, harga tersebut cukup masuk akal. Jadi, selamat tinggal harddisk eksternal, sekarang jamannya flashdisk yang mengambil alih produk storage data besar-besaran. (ip)

foto: everythingusb.com

Rabu, 19 Agustus 2009

Agar Feel Home, Para Teroris pun Pakai Nama Alias


Jakarta - 4 Buron teroris yang diduga terlibat ledakan bom di Hotel JW Marriott dan Hotel Ritz-Carlton punya nama alias lebih dari satu. Keempatnya pun menggunakan nama-nama yang berbeda di setiap tempat. Kenapa?

"Di sebuah daerah di Jawa seperti Trenggalek, nama Bambang itu dihargai, Makanya mereka pakai itu supaya feel home. Supaya diterima langsung oleh masyarakat," kata pengamat teroris yang merehabilitasi eks teroris yang di penjara, Mardigu WP kepada detikcom, Rabu (19/8/2009).

Buron teroris Syaifudin Zuhri bin Djaelani Irsyad setidaknya mempunyai 3 nama alias. Nama alias tersebut antara lain Syarifudin Zuhri, Udin dan Soleh.

Syaifudin pernah tinggal di Perum Telaga Kahuripan, Parung, Bogor, Jawa Barat. Di sana, Syaifudin dikenal sebagai Syaifudin Jaelani.

Kemudian tersangka Mohamad Syahrir mempunyai nama alias Aing. Bagus Budi Pranoto memakai nama alias Urwah. Lalu Ario Sudarso memiliki nama alias Suparjo Dwi Anggoro, Aji, Dayat dan Mistam Husamudin.

Para terpidana teroris yang sudah dihukum mati seperti Amrozi cs juga memiliki nama alis. Amrozi bin H. Nurhasyim mempunyai nama alias Amrozi. Ali Gufron alias Muklas dan Abdul Azis alias Imam Samudra.(detik)

Sakit, Eks Walikota Medan Batal Dieksekusi KPK


Jakarta - Mantan Walikota Medan, Abdillah, batal dieksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke LP Cipinang. Terdakwa kasus korupsi pengadaan mobil damkar dan penyalahgunaan APBD itu kini dirawat di RS Pusat Pertamina (RSPP).

"Rencananya hari ini. Tapi tadi pagi dibawa dari rutan ke RSPP," kata Direktur Penuntutan KPK, Ferry Wibisino, saat dihubungi wartawan, Rabu (19/8/2009).

Namun Ferry tidak mengetahui penyakit yang diderita oleh Abdillah. Tim dari KPK kini sudah bergerak ke RSPP untuk mengecek kondisi terkini Abdillah.

"Berangkatnya sudah koordinasi dengan kita (KPK)," ujarnya.

Abdillah divonis 5 tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor. Tak puas, Abdillah mengajukan banding dan mendapat keringanan setahun oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

Setelah mengajukan kasasi, MA memperkuat putusan PT. Akhirnya Abdilah dihukum 4 tahun, denda Rp 300 juta subsider 6 bulan dan bayar uang pengganti Rp 12,1 miliar. Namun Rp 10,2 miliar sudah dibayar oleh Abdillah.

Senin, 17 Agustus 2009

Kebakaran Secapa Polri


22 Senjata Revolver Terbakar
Rosdiana Dewi - detikNews

Jakarta - Gudang senjata Sekolah Calon Perwira (Secapa) Polri di Sukabumi terbakar. Tidak ada korban jiwa, namun 22 senjata genggam jenis revolver terbakar.

"Yang terbakar hanya 22 senjata revolver yang digunakan pada saat upacara tadi sore," ujar Kepala Secapa Polri, Brigjen Pol Edi Prawoto usai meninjau lokasi kebakaran di Sukabumi, Senin malam (17/8/2009).

Menurut Edi, Api tidak langsung menyebar ke gudang utama, yang terbakar hanya gudang depan. Kasus ini telah diserahkan pada Polresta Sukabumi.

"Untungnya pemadam pemadam kebakaran cepat datang sehingga tidak menjalar ke penyimpanan senjata utama," ungkap perwira tinggi bintang satu ini.

Sementara itu Kapolresta Sukabumi AKBP Muhammad Hendra Suhartiono, menjelaskan Polres Sukabumi telah menurukan tim forensik untuk menyelidiki penyebab kebakaran. Dugaan sementara kebakaran disebabkan arus pendek listrik.

"Sekarang masih dalam penyelidikan. Tadi baru mengambil barang-barang yang terbakar di TKP untuk diselidiki," jelas Hendra.

Kebakaran di Secapa Polri ini terjadi pukul 18.00 WIB dan berhasil dipadamkan pada pukul 20.00 WIB. Kejadian ini sempat menggegerkan warga sekitar Secapa.

Rabu, 12 Agustus 2009

Polri: Jenazah di Temanggung Adalah Ibrohim


Jakarta - Mabes Polri memastikan bahwa jenazah teroris yang tewas di Temanggung adalah Ibrohim. Kepastian ini diketahui dari tes DNA.

Kepastian ini disampaikan Kapusdokkes Mabes Polri Brigjen Pol Eddy Saparwoko dalam jumpa pers di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (12/8/2009). Hadir juga dalam jumpa pers ini Kadiv Humas Polri Irjen Pol Nanan Soekarno dan para anggota tim identifikasi.

Menurut Eddy, jenazah itu sempat diduga Noordin Moh Top. Namun, setelah DNA-nya dibandingkan dengan keluarga Noordin baik di Cilacap, Klaten, dan tempat lain, ternyata tidak cocok.

Akhirnya tim identifikasi membandingkan DNA jenazah dengan DNA keluarga Ibrohim yang tinggal di Cilimus, Kuningan. "Dan hasilnya cocok. Karena jenazah itu dipastikan Ibrohim alias Boim," ujar dia.

Hingga pukul 09.35 WIB, jumpa pers masih berlangsung.

SE M600i+SE W950i Bluetooth LAN Configuration On Windows+Speedy

Bluetooth PAN

Bluetooth LAN Configuration atau Bluetooth PAN bukanlah hal yang sepopuler Wifi. Berhubung ponsel ini tidak memiliki Wifi, tetapi akses internet melalui nirkabel dapat kita siasati dengan Bluetooth PAN. Ya secara nalar sih ya seperti kita koneksi Wifi ke AP dari ponsel, dan sangat berbeda dengan dial-up melalui bluetooth.

Awalnya sih nyoba-nyoba saja. Waktu itu adik saya lagi nyari tugas di Internet. Sementara saya lagi asik nonton TV. Tapi pas liat laptop adik saya yang sedang konek ke internet, saya jadi punya keinginan liat-liat email doang sambil nonton TV, tanpa harus menggunakan PC atau laptop, gak mesti surfing-surfing yang berat-berat (liat-liat situs flash). Pas liat ponsel, walah gak ada Wifi-nya, sementara AP (access point) pun gak punya. Hmmm jadi teringat ngoprek Bluetooth PAN saat masih kuliah dolo, yup langsung setting aja ah. Kebetulan laptop yang digunakan adik menggunakan OS Windows dan ada bluetooth bawaannya, dan alhamdulillah nih ponsel dah dukung Bluetooth PAN. Sampe tulisan ini dipost saya belum berhasil melakukan konfigurasi Bluetooth PAN di Fedora. Pas di cek-cek di Fedora 8 kok gak ada pand yah??? malah /etc/bluetooth/pan apa memang gak ada ya ??? Soo I still need help BT PAN on Fedora…

Ya sudah, lupakan saja dolo PAN di Fedora, karena ini buru-buru maka di Windows saja dulu. Berhubung semua driver bluetooth udah terinstall, wah jadi makin mudahlah kerjaan saya kali ini…

Pertama-tama yang perlu kita lakukan adalah :

Internet Connection Sharing (ICS)

Ini berguna agar Windows kita dapat melakukan sharing internet ke ponsel melalui bluetooth, gak jauh beda kok dengan kabel LAN ataupun WiFi LAN. Cuma bedanya kabel diganti media Bluetooth. Di Windows hal ini disebut ICS dan di Linux NAT, trus apa bedanya ama NAP yach???

OK deh langsung aja:
Klik kanan LAN trus pilih properties untuk menyeting IP Address-nya


bluetooth-pan-001.jpg

bluetooth-pan-002.jpg
Double click Internet Protocol (TCP/IP) lalu isi IP Address seperti ini (NB:sesuaikan dengan setting modem Anda-red)

bluetooth-pan-003.jpg bluetooth-pan-0041.jpg
setelah mengisi/mensetting IP Address lalu klik Advanced lalu centang Internet Connection Sharing dan jangan lupa untuk memilih Bluetooth Network

Nah kalau sudah beres, nanti LAN akan bertambah gambar tangan.

OK, selanjutnya menyeting Bluetooth kita, dengan mengklik kanan di tray icon bluetooth dan pilih Bluetooth Configuration
bluetooth-pan-006.jpgbluetooth-pan-007.jpg
Lalu pilih Local Service

bluetooth-pan-008.jpgbluetooth-pan-009.jpg
dan selanjutnya doble klik Network Access pilih Allow other devices to access the Internet/LAN via this computer

Beres, matikan bluetooth lalu aktifkan lagi dengan menekan tombol bluetooth… (ya kayak restart service bluetooth gitu lah :D )

Langkah selanjutnya adalah menyeting IP Address Bluetooth di komputer/laptop kita..
Klik kanan Bluetooth Network dan pilih Properties, lalu masukkan IP berikut:
bluetooth-pan-011.jpgbluetooth-pan-012.jpg
Klik OK untuk menyimpan segala perubahan!!!

Sekarang saatnya menyeting IP Address di ponsel Anda…
Dari Standby Menu, tab More
bluetooth-pan-015.jpg bluetooth-pan-016.jpg bluetooth-pan-017.jpg http://imagespai01.files.wordpress.com/2009/03/bluetooth-pan-018.jpg
Buat Account baru Bluetooth Internet (PAN), contoh (BT-inet)

Tab More lalu setting IP Address dan DNS (saya memakai DNS Speedy untuk wilayah Medan) di ponsel UIQ3 Anda.
http://imagespai01.files.wordpress.com/2009/03/bluetooth-pan-019.jpg http://imagespai01.files.wordpress.com/2009/03/bluetooth-pan-020.jpg http://imagespai01.files.wordpress.com/2009/03/bluetooth-pan-021.jpg http://imagespai01.files.wordpress.com/2009/03/bluetooth-pan-022.jpg

Tab Save untuk menyimpan segala perubahan, lalu tab Device dan peering lah ponsel Anda dengan PC/Laptop Anda. Lebih baik selalu ijinkan koneksi bluetooth baik dari ponsel ataupun sebaliknya.

Selanjutnya buat Group Account dengan nama, mis: Bluetooth, lalu tambahkan Account BT-inet ke account tersebut. Ini berguna untuk memudahkan saat Anda ingin melakukan koneksi internet dan tinggal memilih Network mana yang Anda pakai, apakah GPRS atau Bluetooth.
http://imagespai01.files.wordpress.com/2009/03/bluetooth-pan-023.jpg http://imagespai01.files.wordpress.com/2009/03/bluetooth-pan-024.jpg http://imagespai01.files.wordpress.com/2009/03/bluetooth-pan-025.jpg
Lalu ganti Preferred group yang Anda gunakan ke account Bluetooth tadi…

Jangan lupa untuk meng-tab Save untuk menyimpan settingan diponsel…
http://imagespai01.files.wordpress.com/2009/03/bluetooth-pan-026.jpg http://imagespai01.files.wordpress.com/2009/03/bluetooth-pan-027.jpg
…dan yihaa… kitapun bisa menyicipi internet dari Laptop yang di sharing via bluetooth sambil tidur-tiduran atau nonton TV diponsel SE M600i atau W950i yang notabene hanya kurang fasilitas WiFi??? Soo apa kurangnya, WiFi bisa kita siasati dengan bluetooth… Jadi kalo ponsel kita belum ada Wifinya, belum saatnya juga kok kita ganti ponsel yang memiliki fasilitas WiFi (ntar kalo setiap 3KM seluruh jalanan di Medan sudah terdapat Access Point baru…)

Jadi kalo ada temen Anda yang punya labtop dan sedang mencicipi Internet dari WiFi di Cafe atau Kampus, minta sharing aja dari bluetooth-nya, dan kitapun ikutan juga kok bisa mencicipi Internet di ponsel yang memang cocok untuk IT ini… :D

Biar nggak pusing, berikut topologi Network saya:
http://imagespai01.files.wordpress.com/2009/03/bluetooth-pan-014.jpg http://imagespai01.files.wordpress.com/2009/03/bluetooth-pan-013.jpg

On my mind : gimana ya biar bisa ping server dari ponsel UIQ3??? trus gimana juga ya kalo Internet (koneksi dari Access Point) yang ada pake proxy ??? mbok los… that’s not my promblem… Yang penting malam itu pas adik ane ngenet nyari tugasnya, ane bisa ngenet sambil tiduran dan nonton film Slumdog Millionaire:D