Minggu, 09 Agustus 2009

WS Rendra Meninggal Dunia


Dua hari setelah kita musisi Mbah Surip wafat, dunia seni Tanah Air kembali berduka.

Seniman senior WS Rendra tutup usia pada hari Kamis (6/8), pukul 22.31, di RS Mitra Keluarga, Bogor, Jawa Barat.

Kini jenazah dibawa ke kediamannya di kompleks perumahan Pesona Khayangan, Depok.

Penyair yang berjuluk Si Ayam Merak tersebut wafat dalam usia 74 tahun. Sudah sejak beberapa bulan lalu Rendra dirawat setelah mendapat serangan jantung koroner pada tanggal 30 Juni 2009.

Rendra sempat dirawat di RS Harapan Kita. Bahkan ia terpaksa terpaksa menjalani cuci darah di ruang ICU RS Harapan Kita, Senin, 13 Juli 2009.

Selama empat jam lamanya seniman kelahiran Solo 7 November 1935 ini menjalani cuci darah.

Aktor Adi Kurdi yang sempat menjenguk Rendra mengatakan bahwa saat itu Rendra mengeluh kesakitan pada bagian perut, pasca menjalani cuci darah. “Dia masih mual-mual juga dan nyeri di bagian perut,” terang Adi.

Sepengetahuan Adi, Rendra yang sejak 1960-an dikenal sebagai dramawan itu mempunyai riwayat kesehatan yang kurang baik. “Ya dia memang ada (penyakit) jantung sama ginjal, tapi entahlah saya tidak bisa menjelaskan pastinya, karena saya bukan dokter,” kata Adi.

Rendra mulai dikenal luas ketika mengadakan ‘Kemah Kaum Urakan’ di pantai Parangtritis, Yogyakarta, 1970 -an. Drama dan sajak Rendra sering dicekal penguasa karena kritiknya yang begitu tajam.(/yepiye.wordpress)

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un

Tidak ada komentar: