Sabtu, 22 Agustus 2009

Flash Disc Berkapasitas Hard Disc


Apa kabar disket jaman sekarang yah, dan masih banyak juga rupanya komputer yang masih nyolokin Floppy disc buat baca data dari disket, padahal secara fungsi udah ketinggalan banget tuh nyimpen data di disket yang cuma bisa nampung kurang lebih 3MB. Sekarang jamannya flashdisk, dan besarannya udah bergiga-giga. Yang paling fenomenal sekarang ini adalah Kingston Data Traveler DT300 yang bisa nampung data sebesar 256GB! Kapasitas ini udah ngelebihin standar dari harddisk yang ketanem di laptop ataupun PC standar, sekitar 160-250GB.

Sudah lebih dari cukup kalo kita bisa jinjing peranti mobile ini, semua data mulai dari format txt sampai avi (untuk video) kita bisa tenteng dengan mudah, bisa disakuin, dan yang terlebih adalah nggak perlu diribetin sama yang namanya kabel. Produk ini adalah pengembangan dari produk Data Traveler sebelumnya, DT200 128GB dan DT150 32GB dengan jauh lebih besar daya tampung datanya.

Flashdisk dalam kapasitas yang sangat besar tentu sedikit membuat kita khawatir soal kecepatan membaca dan menulisnya. Jangan takut, DT300 ini rencananya akan mengadaptasi teknologi SuperSpeed USB, yang mampu meningkatkan transfer rate hingga 200MB/S. Angka segitu menjadi yang terbesar untuk teknologi USB saat ini.

Harga yang dibanderol untuk produk ini memang sangat mahal, yaitu sekitar USD800, atau sekitar 8 juta rupiah. Tapi buat fungsi yang segitu gedenya, harga tersebut cukup masuk akal. Jadi, selamat tinggal harddisk eksternal, sekarang jamannya flashdisk yang mengambil alih produk storage data besar-besaran. (ip)

foto: everythingusb.com

Tidak ada komentar: